Dalam proses kegiatan belajar mengajar, guru mempunyai kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam mengembangkan pendidikan. Maka dari itu, tugas guru bukan hanya sebatas mentransfer ilmu pengetahuan, tapi yang lebih penting adalah mentransfer nilai-nilai budi pekerti yang baik. Diantara peranan guru dalam pendidikan peserta didik adalah sebagai berikut:
Sebagai pendidik Guru akan menjadi tokoh dan panutan bagi para peserta didik dan lingkungannya. Oleh karena itu guru harus mempunyai standar kualitas pribadi tertentu, yang mencakup tanggungjawab, mandiri dan disiplin. Guru harus memahami nilai, norma moral dan sosial, serta berusaha berperilaku dan berbuat sesuai dengan nilai dan norma tersebut. Guru juga harus bertanggung jawab terhadap tindakannya dalam proses pembelajaran di sekolah. Sebagai pendidik guru harus berani mengambil keputusan secara mandiri yang berkaitan dengan pembelajaran dan pembentukan kompetensi, serta bertindak sesuai dengan kondisi peserta didik dan lingkungan.
Sebagai pengajar Di dalam tugasnya, guru membantu peserta didik yang sedang berkembang untuk mempelajari sesuatu yang belum diketahuinya, membentuk kompetensi dan memahami materi standar yang dipelajari. Guru sebagai pengajar, harus terus mengikuti perkembangan teknologi, sehingga apa yang disampaikan kepada peserta didik merupakan hal-hal yang update dan tidak ketinggalan jaman.
Sebagai Pembimbing Guru sebagai pembimbing dapat diibaratkan sebagai pembimbing perjalanan yang berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya yang bertanggung jawab. Sebagai pembimbing, guru harus merumuskan tujuan secara jelas, menetapkan waktu perjalanan, menetapkan jalan yang harus ditempuh, menggunakan petunjuk perjalanan serta menilai kelancarannya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa.
Sebagai Pengarah Guru adalah pengarah bagi peserta didik, bahkan bagi orang tua. Sebagai pengarah guru harus mampu mendengarkan dan membantu peserta didik dalam memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi, mengarahkannya dalam mengambil suatu keputusan. Tidak hanya itu, guru juga dituntut untuk mengarahkannya dalam mengembangkan potensi peserta didik. Sehingga peserta didik dapat membangun karakter yang baik bagi dirinya dalam menghadapi dan menjalani kehidupan nyata di masyarakat.
Sebagai Pelatih Proses pendidikan dan pembelajaran memerlukan latihan keterampilan, baik intelektual maupun motorik, sehingga menuntut guru untuk bertindak sebagai pelatih, yang bertugas melatih bertugas peserta didik dalam pembentukan kompetensi dasar sesuai dengan potensi masing-masing peserta didik. Untuk itu guru harus banyak tahu, meskipun tidak mencakup semua hal dan tidak setiap hal secara sempurna, karena hal itu tidaklah mungkin.
Sebagai Penilai Penilaian atau evaluasi merupakan aspek pembelajaran yang paling kompleks, karena melibatkan banyak latar belakang dan hubungan, serta yang lainnya yang mempunyai arti apabila berhubungan dengan konteks yang hampir tidak mungkin dapat dipisahkan dengan setiap segi penilaian. Sebagai suatu proses, penilaian dilaksanakan dengan prinsip-prinsip dan dengan teknik yang sesuai, mungkin tes atau non tes. Mengingat banyaknya proses penilaian, maka guru perlu memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang memadai. Beberapa hal itulah yang akhirnya menjadi faktor bahwa guru akan sangat membantu peserta didik dalam proses kegiatan belajar mengajar. Maka dari itu kita sebagai peserta didik harus menjadi saksi atas peran dan perjuangan yang dilakukan oleh bapak dan ibu guru. Guru adalah pahlawan terbaik dalam memberantas kebodohan, khususnya di bidang pengetahuan.
Beri Komentar